Addie MS Bangga Kakeknya Dibahas Ikatan Arsitek Indonesia, Ini Kiprahnya


KONTENKREATIPS.COM – Ikatan Arsitek Indonesia menjadwalkan menggelar kegiatan webinar zoom mengupas tentang sejumlah sosok arsitek Indonesia. Salah satunya adalanya Ir H Mohammad Soesilo.

Ir H Mohammad Soesilo ini masih memiliki hubungan darah yang dekat dengan musisi top Tanah Air, Addie MS.

Ya, Mohammad Soesilo merupakan eyang atau kakek dari Addie MS.

Addie MS pun merasa bangga sosok kakeknya menjadi bahasan oleh para arsitek Indonesia.

Addie MS pun mengungkapkan rasa bangganya itu melalui laman twitter.

BACA JUGA : Nassar Dikabarkan Bangkrut Jualan Donat dan Obat, Lihat Faktanya

“Ini Eyangku, Ir. H. Mohammad Soesilo (1899 – 1994), arsitek perencana kota (town-planner) Indonesia pertama. Beliau merancang KEBAYORAN BARU thn 1948, selesai thn 1955,” tulis Addie MS, Sabtu (17/10/2020).

“Sblmnya, beliau hny membantu gurunya, Thomas Karsten, town-planner Belanda saat merancang kota Bandung dll,” lanjut pimpinan Twilite Orchestra ini.

Suami dari artis Memes ini menyebutkan, atas jasanya eyangnya itu menerima penghargaan dari Pemerintah, yakni Bintang Jasa Pratama.

Dia juga mengungkapkan, bakat Eyang menular ke anaknya, Ir Suhartono, arsitek generasi pertama Indonesia dan pernah aktif membina jurusan arsitektur Parahyangan.

BACA JUGA : Pertama Kalinya Setelah 20 Tahun, Prabowo Subianto Injakkan Kaki di Amerika Serikat

Menurut Addie MS, bakat itu tidak berhenti di anak, ternyata passion pada dunia arsitektur Eyang Soesilo berlanjut ke cucunya.

Kakak pertama Addie MS, Budi Sumaatmadja, juga arsitek. Dia mendirikan Anggara Architem, yang terlibat dalam pembangunan banyak gedung megah khususnya di Jakarta.

“Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) akan membahas kiprah dan kehidupan H. Mohammad Soesilo, dan tokoh arsitektur lainnya seperti F. Silaban & Liem Bwan Tjie dalam acara MAESTRO, Generasi Awal, tgl 22 Oktober, pk 14.00 melalui Zoom,” tutup Addie MS.

Bagi dunia arsitek Indonesia, Ir H MOhammad Soesilo sudah sangat dikenal dan merupakan tokoh panutan.

Bagaimana tidak? Mohammad Soesilo merupakan salah satu tokoh di balik lahirnya Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Peristiwanya sendiri terjadi pada 16 September 1959.

Saat itu, arsitek senior Indonesia berkumpul di kediaman Liem Bwan Tjie di Bandung. Arsitek yang hadir pada saat itu (yang dikenal) adalah Frederich Silaban dan Mohammad Soesilo, dan 18 arsitek muda lulusan pertama ITB tahun 1958. Salah-satu arsitek muda tersebut adalah Achmad Noeman.

BACA JUGA : Pjs Bupati Keerom Papua Sidak Kantor Distrik, Kaget Temukan Fakta Ini

Pertemuan itu menjadi dasar berdirinya Ikatan Arsitek Indonesia, yang akhirnya diumumkan secara resmi pada 17 September 1959 di Bandung.

Sosok Mohammad Soesilo sendiri merupakan eyang atau kakek dari musisi terkenal Addie MS.

Sebagai apresiasi terhadap Mohammad Soesilo, IAI mengupas kiprah tokoh arsitek Indonesia itu pada webinar melalui zoom. (*)

BACA JUGA :

Bocah SD Kehilangan Nyawa demi Menjaga Kehormatan Ibunya dari Pemerkosa