Tim Karhutla Intan Polda Kalsel Gencarkan Patroli dan Sosialisasi


KONTENKREATIPS.COM – Mulai munculnya titik api di sejumlah wilayah, membuat tim Operasi Karhutla Intan 2020 Polda Kalsel makin gencar melakukan patroli dan sosialisasi.

Baru-baru ini, personel Operasi Karhutla Intan 2020 Polda Kalsel melaksanakan Patroli Gabungan dan sosialisasi Kecamatan Gambut.

Masyarakat diingatkan mengenai larangan membakar hutan dan membuka lahan dengan cara dibakar.

Selain itu, personel Operasi Karhutla Intan 2020 juga menyampaikan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), tidak hanya bagi lingkungan tapi kesehatan.

BACA JUGA : Trump Akan Tinggalkan Pusat Medis, Merasa Lebih Baik Daripada 20 Tahun yang Lalu

BACA JUGA : Pembuat Tiktok Masjid Putar Lagu DJ Ditangkap, Brigade Persis Minta Jangan Kaitkan Ras Tertentu

Sebelumnya, saat apel siaga Karhutla Intan 2020 di Lapangan Polri Km 21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Senin (3/7) lalu, Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta, telah menekankan perlunya kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana Karhutla.

Menurut Kapolda, meski di tengah pandemi Covid-19, kewaspadaan terhadap karhutla tidak bisa diabaikan karena bisa mengancam dan menganggu kesehatan dan aktivitas warga.

BACA JUGA : Polwan Gagalkan Percobaan Bunuh Diri Pria Muda di Flyover Gatot Banjarmasin

Potensi Karhutla

Sementara itu, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sekitar setengah wilayah Kalimantan Selatan memiliki potensi terjadi kebakaran hutan.

Dari peta Tingkat Kemudahan Terbakar di Lapisan Atas Permukaan Tanah yang dikeluarkan BMKG per 6 Oktober, wilayah selatan, timur, hingga Barat Kalsel memiliki potensi mudah terbakar, ditandai dengan warna merah.

Sedangkan wilayah Kalsel bagian Utara, terutama kawasan Hulu Sungai, tampak berwarna biru yang artinya masih aman dari potensi kebakaran lahan. (*)

Foto: Personel Operasi Karhutla Intan 2020 Polda Kalsel melaksanakan Patroli Gabungan dan sosialisasi Kecamatan Gambut. (humas polda kalsel)

BACA JUGA :

Haris-Ilham Janjikan Berkantor di Kelurahan Setiap Jumat