Kirab Merah Putih Simbol Kokohnya Persatuan


KONTENKREATIPS.COM – Kedekatan ulama dan umara dalam Kirab Merah Putih, untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Ada pemandangan yang menarik, saat berlangsungnya pelepasan peserta Kirab Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta, Minggu 28 Agustus 2022. Saat melepas secara resmi peserta kirab, Presiden Jokowi tampak didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan ulama terkemuka Habib Luthfi bin Yahya.

Turutnya Habib Luthfi seakan menunjukkan adanya kedekatan yang sangat baik antara ulama dan umarah. Tiga simpul kekuatan negara, ulama sebagai penasihat negara, Presiden sebagai pimpinan eksekutif negara Bhayangkara penjaga keamanan negara.

Baca juga: Pimpinan DPR Belum Terima Surat Presiden Terkait Pengganti Lili Pintauli di KPK

Sinergitas antara Polri dan ulama sebenarnya juga bukan hal yang baru. Dalam banyak kesempatan, Kapolri Jenderal Sigit Listyo Sigit sering menyambangi pondok-pondok pesantren untuk menenui kiai dan ulama di seluruh Indonesia.

Apalagi, menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang, pendekatan terhadap tokoh agama menjadi kunci upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sekaligus merekatkan semangat kebangsaan.

Pakar komunikasi, Rahmat Edi Irawan menyebut strategi Polri untuk terus merangkul tokoh agama adalah bentuk tanggungjawab Polri untuk mencegah kembalinya polarisasi di tengah masyarakat, seperti saat pemilu tahun 2014 dan 2019.

Baca juga: Besok Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J di Rumah Duren III, Polisi Pastikan Ferdy Sambo Berbaju Oranye

“Perlu ada langkah konkret untuk mengajak tokoh agama untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mengajak ulama dan semua elemen masyarakat dalam setiap kegiatan sosial akan memberikan kesadaran bahwa mereka adalah sesama anak bangsa yang bertanggungjawab terhadap nasib bangsa ini ke depannya”, ujar Doktor Ilmu Komunikasi Binus University Jakarta ini.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas Kirab Merah Putih yang mengangkat tema “Menciptakan Kesatuan Indonesia yang Harmoni” di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (28/08/2022). Kirab Merah Putih diikuti oleh seluruh elemen bangsa, mulai dari organisasi masyarakat, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

“Bersama-sama dengan Kapolri, bersama-sama dengan Habib Luthfi bin Yahya, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya nyatakan Kirab Merah Putih diberangkatkan,” ucap Presiden.

Dalam laporannya, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya, menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Kirab Merah Putih yaitu untuk membangkitkan kembali rasa memiliki terhadap tanah air.

Baca juga: Anggota Komisi IX Berharap Seluruh Tenaga Honorer Diangkat Menjadi PPPK

“Dengan adanya kirab pagi hari ini, kami siap menjaga tegaknya Merah Putih sampai kapan pun kita bertekad untuk menjaga NKRI harga mati,” kata Habib Luthfi.

Pada kesempatan terpisah, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa Kirab Merah Putih merupakan upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai modal dasar dalam menghadapi berbagai ketidakpastian saat ini. Misalnya dalam pandemi COVID-19, Kapolri menyebutkan bahwa Indonesia dapat menghadapi pandemi dengan baik karena semangat persatuan dan kesatuan semua pihak.

“Saat ini kita juga menghadapi berbagai tantangan yang tentunya dihadapi oleh berbagai macam masalah akibat perang Rusia dan Ukraina yang kemudian memunculkan masalah krisis pangan dan energi, serta juga akan berdampak pada krisis ekonomi, sehingga kita juga tentunya butuh kembali lagi mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan,” jelas Kapolri.

Baca juga: Penyebar Video Pembakaran Bendera Merah Putih di Medsos Jadi Tersangka di Polda Aceh

Selanjutnya, Kapolri berharap kegiatan hari ini dapat menjadi tradisi penguatan semangat seluruh elemen bangsa menjaga persatuan dan kesatuan dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

“Semangat-semangat ini yang tentunya harus kita terus jaga, kita kobarkan untuk mewujudkan tujuan nasional kita, mewujudkan visi misi Indonesia Emas di tahun 2045,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.