Libatkan TNI Polri di Satgas Covid-19, Erick Thohir Tegaskan Bukan untuk Menakuti Rakyat


KONTENKREATIPS.COM – Menteri BUMN, Erick Thohir, yang kini dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN), menunjuk Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan
Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi, sebagai Wakil Satgas.

Melalui lamannya, Erick mengatakan, mengungkapkan alasannya melibatkan TNI dan Polri di dalam Satgas.

Menurut Erick, Indonesia sehat adalah prioritas Satgas Penanganan COVID-19 dengan beberapa kegiatan antara lain sosialisasi perubahan perilaku dan meningkatkan disiplin masyarakat.

“Karena itulah kita perlu mendapat dukungan dari TNI dan Polri. Minggu lalu saya juga sudah bertemu dengan KSAD,” ujar Erick.

BACA JUGA : Arief Budiman Hadiri Pemakaman Henry Jovinski di Yogyakarta

Keterlibatan TNI POLRI dalam Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PCPEN), kata diam diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kepatuhan dan disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga, sambung Erick, bisa dijalankan dengan lebih intens, lebih luas, dan lebih massif, sehingga bisa menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

Tim pelaksana, ujar Erick, tidak akan berjalan sukses tanpa dukungan TNI Polri.

“Dan hari ini saya datang ke Mabes Polri untuk memastikan sinergisitas tim pelaksana dari Polri sendiri menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan,” jelas Erick.

BACA JUGA : Cuit Soal Salib di Spanduk HUT RI, Aa Gym Diskak Mantan Menteri Agama

Menurut Erick, Presiden telah mengeluarkan Inpres No 6/2020, jangan sampai disalahartikan bahwa seakan-akan TNI Polri akan melakukan tindakan yang menakut-nakuti rakyat.

Inpres tersebut mengaktur tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum terkait penanganan Covid-19.

“Tetapi sudah seyogyanya kita sepakati tidak mungkin program ini sukses, penanganan Covid-19 sukses, tanpa masyarakat sendiri menjaga dirinya dan keluarganya,” kata Erick.

Karena itulah, lanjut dia, peningkatan kedisipllinan, sosialisasi, yang akan dilakukan oleh TNI Polri, menjadi hal yang sangat signifikan dan penting.

“Kita akan fokuskan polri sampai ke posisi terdekat rakyat. Untuk imunisasi massal akan dibawa TNI Polri. Bagaimana TNI Polri sendiri memiliki tenaga medis yang siap,” ujar Erick.

Sementara itu, Wakapolri mengatakan bersama jajarannya siap untuk melaksanakan seluruh kegiatan yang telah diprogramkan oleh Komite PCPEN.

BACA JUGA : Ingin Loloskan Anak Masuk Akpol, Polisi Banjarbaru Malah Ditipu Pengusaha Rp 1 Miliar Lebih

Tak hanya itu, Wakapolri juga mengatakan pelibatan Polri dalam tim ini bertujuan untuk memulihkan percepatakan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

“Dan tentunya terkait dengan Covid-19 segera bisa diputus penyebaranya dan kita semua kembali kepada hal normal,” ujar Wakapolri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/8), dilansir laman Humas Mabes Polri. (*)